Beranda > Iptek > Malaysia Luncurkan Mesin Wudhu Otomatis

Malaysia Luncurkan Mesin Wudhu Otomatis


Berwudhu di tempat wudhu biasa dengan menggunakan air yang mengalir melalui keran terkadang boros air. Untuk itu Malaysia luncurkan mesin wudhu otomatis.

Adalah perusahaan Malaysia, AACE Technologies yang meluncurkan mesin wudhu itu di Kuala Lumpur, Malaysia seperti dilansir dari Reuters, Senin (1/2/2010).

Mesin wudhu otomatis ini membantu untuk berhemat air. Diluncurkan dengan sensor otomatis, mesin wudhu ini dibanderol seharga US$ 3 ribu – US$ 4 ribu (Rp 28 juta – Rp 38 juta).

Mesin itu berwarna hijau dan berornamen. Ada 2 bak di mesin itu, bak untuk cuci tangan di bagian atas dan bak untuk cuci kaki di bawah. Di tiap bak ada keran yang dilengkapi sensor. Air hanya akan keluar jika kaki atau tangan berada di bawah kran itu.

“Menghemat air adalah motivasi orang-orang untuk mengadopsi cara ini daripada cara konvensional, di mana banyak air yang terbuang,” ujar Kepala AACE Anthony Gomez.

Alat itu juga bisa mengeluarkan suara ayat-ayat Alquran yang sudah direkam. Mesin wudhu itu memiliki tinggi 1,65 meter, dan membutuhkan 1,3 liter air untuk sekali wudhu dibandingkan dengan wudhu konvensional yang biasanya membiarkan kran air terbuka selama beberapa menit.

Saat musim haji, 2 juta orang menggunakan 50 juta liter air per hari untuk wudhu. Kalau mereka memakai mesin ini, mereka akan berhemat 40 juta liter air per hari,” imbuh Gomez.

Dubai sudah menunjukkan ketertarikannya untuk memiliki produk ini untuk ditempatkan di bandaranya. Namun mesin itu membutuhkan waktu 2 tahun untuk pengembangan lebih lanjut yang memakan biaya US$ 2,5 juta. (Fani/iol/dtk).

Hmm,, Bagaimana kalo Indonesia mempunyai mesin ini ya,, yang pasti takut disalahgunakan jadi tempat buang air kecil,,  soalnya tempatnya yang mirip tempat pipis,,, hehee,,

About these ads
Kategori:Iptek Tag:,
  1. 3 Februari 2010 pukul 17:40

    wah..mantap jg tuh t4 air wudhunya.. kan hemat air jg tujuannya.. tp bahaya klo salah tafsir tu t4 wudhu..ntar dikirain buat pipis.. :mrgreen:

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: